Cara Membuat Grup di Telegram dan Fitur-Fitur Kerennya

1 min read

Cara Membuat Grup di Telegram dan Fitur-Fitur Kerennya

Di zaman yang serba mementingkan komunikasi seperti sekarang, media sosial berbentuk messenger sangat dibutuhkan untuk bertukar pesan. Dari banyak aplikasi yang beredar, Telegram adalah aplikasi dengan fitur grup yang sangat berguna. Simak bagaimana cara membuat grup di Telegram hanya di artikel ini.

Tahapan Cara Membuat Grup di Telegram

Hal pertama yang kamu lakukan untuk membuat Telegram tentu adalah memiliki aplikasi dan akunnya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu hanya perlu membuka aplikasi Telegram, dan kalian akan dihadirkan dengan halaman awal yang berisi daftar percakapan.

Secara umum, ada dua cara untuk membuat grup baru di Telegram. Cara pertama, kamu bisa menggeser bagian kiri layar smartphone dan kamu akan menemukan menu seperti di gambar kiri.

Cara kedua, kamu bisa menekan tombol berbentuk pena di bagian kanan bawah halaman, dan kamu akan menemukan halaman seperti gambar yang kanan.

Selanjutnya, tekan tombol “New Group” atau “Grup Baru” untuk membuat grup baru di Telegram. Nantinya aplikasi akan mengarahkan kamu ke halaman selanjutnya.

Di halaman ini, kamu dipersilakan untuk memilih siapa saja yang mau kamu tambahkan ke dalam grup. Salah satu kelebihan Telegram adalah kapasitas grupnya yang bisa menampung sampai 200 ribu akun. Selain itu, mengundang satu orang saja ternyata juga sudah cukup.

Setelah memilih akun untuk diundang, kamu akan diarahkan ke halaman ini. Seperti yang kamu lihat, di halaman ini kamu bisa memasukkan nama untuk grup dan kamu juga bisa memilih gambar supaya grup jadi lebih mudah dikenali.

Ya, memang semudah itu cara membuat grup di Telegram. Namun ada beberapa hal lain yang harus kamu ketahui soal fitur grup Telegram.

Telegram Punya Fitur Grup Privat dan Publik

Satu hal yang membedakan Telegram dengan aplikasi bertukar pesan lainnya adalah fitur grup privat dan publik. Lantas apa perbedaan dari dua jenis grup ini?

Grup privat adalah grup yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Agar bisa masuk ke dalamnya, kamu harus dapat link undangan dari admin atau orang yang memang punya info soal grup tersebut.

Sedangkan untuk grup publik kamu bisa mengakses dengan mudah. Cukup ketik nama grup di bagan pencarian global, maka kamu dapat menemukan grup publik dengan mudah.

Hal ini tentu sangat baik buat grup yang memang ingin mengumpulkan banyak anggota agar bisa saling berbagi.

Baca Juga : Cara Membaca Pesan di Telegram Tanpa Diketahui

Fitur Bot yang Sangat Membantu

Kelebihan Telegram lainnya adalah aplikasi ini mendukung bot untuk grup ataupun channel-nya.

Bot sendiri merupakan serangkaian kode yang dirancang dengan fungsi tertentu untuk memudahkan para admin maupun anggota grup Telegram. Sebagai contoh, ada bot yang berfungsi untuk memoderasi percakapan di grup. Jadi admin tidak perlu selalu memantau grup mereka selama 24 jam penuh.

Hal uniknya lagi, ada juga bot yang bisa menyajikan permainan seperti tebak-tebakan ataupun permainan werewolf yang sempat viral.

Hanya Ingin Broadcast? Buat Channel Saja!

Selain menyediakan fitur grup, Telegram juga punya fitur channel yang punya fungsi berbeda. Berbeda dengan grup yang tiap anggotanya bisa berbicara satu sama lain, di channel hanya admin yang dapat mengirim pesan berupa teks, gambar, atau video. 

Ini cocok untuk kamu yang hanya ingin menyampaikan broadcast ke pengikut channel kamu.

Bagaimana, Sudah Tahu Cara Membuat Grup di Telegram?

Selain banyak fiturnya, cara membuat grup baru di Telegram juga tidak terlalu sulit, bukan? Melalui grup Telegram, sekarang urusan bertukar informasi pun jadi lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.