Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang: Ikuti Langkah-langkahnya!

1 min read

Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang: Ikuti Langkah-langkahnya!

Setiap aplikasi yang ada di dalam gawai memiliki fungsi masing-masing, begitu pula dengan Play Store yang menjadi pusat instalasi semua aplikasi di dalamnya. Namun bagaimana apabila aplikasi penting yang satu ini menghilang? Tentunya kamu membutuhkan cara mengembalikan Play Store yang hilang tersebut.

Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang

Play Store adalah toko resmi khusus yang menyediakan berbagai aplikasi dari seluruh dunia. Kehilangan toko resmi ini akan membuatmu kerepotan. Namun jangan khawatir, sebab ada cara untuk mengembalikannya. Ada tiga langkah yang harus kamu ikuti, simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buka Setting Lalu Klik Manajemen Aplikasi

Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang Ikuti Langkah-langkahnya 1
Sumber: Youtube

Langkah pertama yang harus kamu lakukan, yaitu membuka menu Setting atau Pengaturan. Setelah itu, scroll ke bawah hingga kamu menemukan tanda Manajemen Aplikasi.

Di dalam menu tersebut akan ada tiga bagian, yaitu menjalankan, diinstal, dan semua. Kliklah bagian diinstal dan scroll hingga menemukan toko resmi Google Play Store. Pastikan bahwa aplikasi tersebut memang tidak terpasang di gawai. 

Kamu bisa memeriksanya dengan melihat menu yang tertera di sana. Apabila ada menu yang tertulis copot pemasangan, maka bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut memang sedang non aktif. Setelah yakin bahwa aplikasi hampir terhapus, maka ikutilah langkah kedua di bawah ini. 

2. Aktifkan Google Play Store

Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang Ikuti Langkah-langkahnya 2
Sumber: Youtube

Setelah memastikan bahwa aplikasi memang tidak aktif, kamu bisa klik informasi aplikasi Google Play Store tersebut. Di sini kamu akan melihat bahwa aplikasi tidak beroperasi, lalu ada tiga pilihan. Mulai dari paksa berhenti, copot pemasangan, dan aktifkan.

Langkah kedua cara mengembalikan play store yang hilang adalah dengan mengaktifkan kembali aplikasi ini. Setelah kamu klik bagian aktifkan, akan ada informasi pop up yang berisi konfirmasi. Klik bagian OK dan gawai akan memproses perintah terbaru untuk mengaktifkan aplikasi yang terhapus.

Meskipun informasi yang muncul adalah proses nonaktif aplikasi, namun jangan khawatir sebab ia hanya memastikan bahwa kamu memang akan mengaktifkan aplikasi lagi setelah hampir terhapus. 

3. Proses Mengembalikan Google Play Store 

Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang Ikuti Langkah-langkahnya 3
Sumber: Youtube

Setelah proses dari langkah kedua selesai, informasi di gawai akan berubah menjadi gambar di atas. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah klik tanda aktifkan sekali lagi.

Di proses yang terakhir kamu akan mendapati proses ulang untuk pengaktifan Play Store. Setelah proses tersebut berhasil, maka informasi di gawai akan berubah menjadi berwarna. Di sini kamu bisa memastikan ulang bahwa aplikasi memang sudah ada dan aktif kembali di gawai milikmu.

Kamu bisa memeriksa keadaan tersebut dengan cara melihat aplikasi yang terinstall atau melalui layar gawai yang berisi berbagai aplikasi. Pastikan bahwa Google Play Store telah aktif dan kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi yang kamu butuhkan.  

Baca Juga: Cara Mengatasi Facebook Tidak Bisa di Akses

Yuk, Ikuti Cara Mengembalikan Play Store yang Hilang!

Memiliki gawai dan berbagai aplikasi terbaru akan memberimu kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi kehilangan aplikasi toko resmi yang memuat berbagai aplikasi tersebut akan merepotkan. Namun, kini kamu tidak perlu khawatir lagi, sebab ada cara mengembalikan play store yang hilang dengan mudah.

Kamu cukup memastikan aplikasi memang hilang, lalu aktifkan kembali aplikasi tersebut. Apabila proses berhasil, maka aplikasi akan muncul dan kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi yang kamu butuhkan. Namun sebelum itu, pastikan kamu teliti dan tidak menghapus aplikasi penting lainnya ya! Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published.