WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Solusinya?

1 min read

WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Solusinya

Salah satu aplikasi smartphone yang memiliki banyak pengguna saat ini adalah WhatsApp. Aplikasi chat ini menjadi salah satu cara untuk tiap orang berkomunikasi. Namun, masalah yang sering terjadi pada aplikasi ini adalah WhatsApp tidak bisa dibuka. Lalu apa penyebabnya?

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka

Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa aplikasi ini bermasalah. Mulai dari konektivitas yang tidak stabil, memori penuh, aplikasi error, dan lainnya. Setiap smartphone tentunya memiliki masalah dan penyebabnya tersendiri.

Namun, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa dibuka, seperti berikut ini:

1. Restart Perangkat

WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Solusinya 01

Ini merupakan cara termudah ketika kamu mengalami masalah aplikasi yang tidak terbuka atau lemot. Mungkin hal ini terlihat sepele, namun dalam banyak hal proses reset ini cukup berdampak besar. Salah satunya memberikan waktu pada perangkat untuk beristirahat.

Cara ini efektif terutama ketika kamu sudah menggunakan perangkat terlalu lama atau banyak aplikasi yang terbuka. Ketika menggunakan cara ini, maka perangkat akan merefresh kembali kemampuannya.

2. Menghapus File Cache

WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Solusinya 02

Cara lainnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus file cache. File cache sendiri merupakan tumpukan data yang muncul ketika kamu membuka aplikasi WhatsApp sebelumnya.

Terlalu banyak file cache, selain menyebabkan memori menjadi penuh juga membuat aplikasi menjadi lambat karena terlalu berat. Cara ini akan efektif terutama jika kamu melakukannya dengan berkala.

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke Settings, lalu pilih Aplikasi. Selanjutnya pilih Manage Aplikasi kemudian cari WhatsApps. Selanjutnya pilih Penyimpanan, lalu pilih Clear Cache.

Baca Juga: Cara Mengatasi Memori Penuh di Hp Oppo

3. Menghapus Data WhatsApp

WhatsApp Tidak Bisa Dibuka, Bagaimana Solusinya 03

Jika menghapus file cache saja tidak cukup, maka kamu juga bisa menghapus data WhatsApp sekaligus. Secara ukuran, data WhatsApp memang akan lebih besar dan bisa menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka.

Perlu kamu perhatikan ketika akan melakukan langkah ini, yaitu pastikan data penting dari WhatsApp sudah kamu backup sebelumnya. Karena proses ini akan menghapus semua data di dalam WhatsApp tanpa terkecuali.

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke menu Settings, lalu plih Aplikasi, kemudian pilih Manage Aplikasi. Selanjutnya, cari WhatsApp, lalu pilih Penyimpanan. Terakhir pilih Clear All Data.

4. Update Aplikasi

Cara terakhir yang juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan update aplikasi. Jika ingin memastikan hal ini, maka kamu bisa mengeceknya ke playstore atau App Store. Apabila terlihat ada permintaan update, maka kamu bisa langsung mengupdatenya.

Menggunakan aplikasi versi lama juga akan berpengaruh pada kecepatan aplikasi tersebut. Setidaknya dengan menggunakan versi baru, maka aplikasi tersebut sudah menyesuaikan dengan kebutuhan saat itu.

Sudah Siap Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka?

Apabila ingin mengetahui langkah yang paling efektif, maka sebenarnya kamu bisa mencobanya satu per satu. Selain itu, ada beberapa hal lain yang juga perlu kamu pastikan ketika WhatsApp tidak bisa dibuka.

Beberapa hal tersebut seperti apakah jaringan stabil, apakah aplikasi sedang tidak gangguan, dan lainnya. Beberapa hal tersebut juga akan berpengaruh dengan performa WhatsApp. 

Selain itu, kamu juga perlu memastikan jika aplikasi tersebut masih memiliki ruang yang cukup. Jika masalahnya karena memori penyimpanan sudah tidak bisa menampung data baru, maka sebaiknya kamu melakukan pembersihan data secara berkala.

Leave a Reply

Your email address will not be published.